Bagaimana
antisipasi Indonesia atau generasi muda terhadap produk asing ?
“ Aku cinta produk indonesia “ inilah jargon yang
harus selalu di korbarkan untuk kita bangsa Indonesia khususnya generasi muda
Kita tahu, sebagai konsekuensi mengikuti
“pasarbebas” karena globalisasi maka banjir produk luar negeri tidak terelakan lagi.Banyaknya
produk luar negri yang masuk ke Indonesia menbawa dampak positif dan negative.Positifnya
adalah pilihan produk semakin banyak, persaingan akan meningkatkan daya kompetitif
bagi produk local, dan dampak negatifnya kalau kita tidak berhati hati,produk luar
negri dapat mematikan produk local,meningkatnya konsumen impor,dll
Nah kita sebagai bangsa Indonesia khususnya generasi
muda harus bisa mengantisipasi hal tersebut,karena generasi muda adalah salah satu
yang paling rentan terpengaruh era globalosasi,karena banyak generasi muda yang
merasa bangga bila memiliki produk luar negri ketimbang produk dalam negri.
Berikut adalah cara cara yang dapat dilakukan Indonesia
atau generasimu dan untuk mengantisipasi produk asing:
1.kita sebagai generasi muda harus lebih kreatif dan
berinovasi untuk menciptakan produk produk yang tidak kalah saing dengan produk
asing
2.produk produk yang di tawarkan harus memiliki kualitas
yang sesuai atau lebih tinggi dari biaya yang di keluarkan konsumen .Dan competitive advantage,yaitu keunggulan yang
tidak di miliki oleh produk lain
3.menaikkan tariff pajak untuk barang barang impor
4.kita sebagai generasi muda harus lebih mencintai produk
dalam negeri,dan harus lebih bangga terhadap produk dalam negri
5.pemerintah mengadakan kampanye maupun festival yang
menunjukkan produk produk indonesia,dan para generasi muda dapat ikut serta berinovasi
ataupun mengenalkan produk produk buatan
mereka.
6.membatasi kuota barang asing yang masuk ke indonesia
Tentu saja upaya mencintai
produk dalam negri sebagai upaya meningkatkan daya saing produksi dalam negri bukanlah
sesuatu yang mudah. Tetapi kuncinya terletak pada tekad dan komitmen kita sebagai
bangsa Indonesia dan khususnya generasi muda untuk membangkitkan rasa percaya diri
dan rasa bangga terhadap produk dalam negri sebagai bekal untuk menghadapi daya
saing di era globalisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar