Jumat, 28 November 2014

tugas pengantar bisnis 2


Bagaimana antisipasi Indonesia atau generasi muda terhadap produk asing ?

     “ Aku cinta produk indonesia “ inilah jargon yang harus selalu di korbarkan untuk kita bangsa Indonesia khususnya generasi muda 
      Kita tahu, sebagai konsekuensi mengikuti “pasarbebas” karena globalisasi maka banjir produk luar negeri tidak terelakan lagi.Banyaknya produk luar negri yang masuk ke Indonesia menbawa dampak positif dan negative.Positifnya adalah pilihan produk semakin banyak, persaingan akan meningkatkan daya kompetitif bagi produk local, dan dampak negatifnya kalau kita tidak berhati hati,produk luar negri dapat mematikan produk local,meningkatnya konsumen impor,dll
    Nah kita sebagai bangsa Indonesia khususnya generasi muda harus bisa mengantisipasi hal tersebut,karena generasi muda adalah salah satu yang paling rentan terpengaruh era globalosasi,karena banyak generasi muda yang merasa bangga bila memiliki produk luar negri ketimbang produk dalam  negri.
Berikut adalah cara cara yang dapat dilakukan Indonesia atau generasimu dan untuk mengantisipasi produk asing:

1.kita sebagai generasi muda harus lebih kreatif dan berinovasi untuk menciptakan produk produk yang tidak kalah saing dengan produk asing
2.produk produk yang di tawarkan harus memiliki kualitas yang sesuai atau lebih tinggi dari biaya yang di keluarkan konsumen .Dan   competitive advantage,yaitu keunggulan yang tidak di miliki oleh produk lain
3.menaikkan tariff pajak untuk barang barang impor
4.kita sebagai generasi muda harus lebih mencintai produk dalam negeri,dan harus lebih bangga terhadap produk dalam negri
5.pemerintah mengadakan kampanye maupun festival yang menunjukkan produk produk indonesia,dan para generasi muda dapat ikut serta berinovasi ataupun mengenalkan  produk produk buatan mereka.
6.membatasi kuota barang asing yang masuk ke indonesia

      Tentu saja upaya mencintai produk dalam negri sebagai upaya meningkatkan daya saing produksi dalam negri bukanlah sesuatu yang mudah. Tetapi kuncinya terletak pada tekad dan komitmen kita sebagai bangsa Indonesia dan khususnya generasi muda untuk membangkitkan rasa percaya diri dan rasa bangga terhadap produk dalam negri sebagai bekal untuk menghadapi daya saing di era globalisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar